Menu

Mode Gelap
Ciptakan Ruang Aman untuk Bercerita: “Let it Out Project” Bersama Psikolog  Promax Project Gelar Protein Campaign di Car Free Day Medan untuk Tingkatkan Kesadaran Protein Harian Masyarakat Pengurus Resmi Dikukuhkan di Solo, Ketua Umum PWI Pusat : Persatuan Adalah Kunci SEHACI Project Gelar Kampanye “Kids Grow Strong and Nation Grows Bright” di Kampung Nelayan Belawan, Dorong Kesehatan Anak Pesisir Sadar Waktu Gandeng Komunitas Seabolga dan Medan Book Party di Main Event ‘Sejenak Tanpa Layar’ Doa Yatim Iringi Tasyakuran: PWI Resmi Kembali ke Rumah Lama di Lantai 4 Dewan Pers

Artikel

Inspirasi bagi Generasi Muda: Fachrur Razie Berhasil Jalankan UMKM Kuliner Sejak Dini

badge-check


					Inspirasi bagi Generasi Muda: Fachrur Razie Berhasil Jalankan UMKM Kuliner Sejak Dini Perbesar

Desir.id – Medan | M. Fachrur Razie atau yang lebih dikenal dengan panggilan Zizie merupakan pengusaha muda yang memulai bisnis di dunia kuliner pada tahun 2020. Kecintaannya pada makanan serta minuman khas Indonesia membawanya pada dunia bisnis. Zizie melihat peluang besar untuk berinovasi dan memulai usahanya di bidang kuliner. Meskipun baru terjun ke dunia bisnis, Zizie menunjukkan tekad dan kerja keras yang luar biasa bersama temannya, sehingga bisnis UMKM kulinernya berkembang pesat hingga saat ini. Langkah pertamanya di dunia usaha dimulai dengan UMKM sederhana.

Zizie menyadari bahwa makanan dan minuman tradisional Indonesia masih memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Oleh karena itu, Zizie memilih produk-produk yang akrab di lidah banyak orang namun tetap memiliki sentuhan kekinian untuk menarik perhatian anak muda. UMKM yang Zizie tawarkan adalah Roti Bakar dan Cendol Susu Vergeten di tahun 2020 yang menjadi bisnis pertama Zizie, ia mengkreasikan cita rasa cendol yang tradisional dengan inovasi modern dan untuk menarik perhatian anak muda. Bisnis tersebut sempat sukses dan memiliki lima cabang.

Sayangnya, bisnis Roti Bakar dan Cendol Susu Vergeten saat ini sudah tidak beroperasi lagi. Namun, kegagalan pada bisnis pertama tidak membuat Zizie patah semangat dan menyerah. Zizie melakukan evaluasi dan mencoba terjun kembali ke dunia bisnis dengan merek Manisdingin pada tahun 2023, dengan kombinasi rasa yang autentik, penyajian yang menarik, dan instagramable.

Manisdingin hadir dengan banyak varian dan harga yang affordable di kalangan anak muda, namun tetap mengedepankan rasa. Dengan branding yang menarik dari produk-produk pada Manisdingin, membuatnya berhasil mencuri perhatian para pecinta kuliner, terutama di kalangan anak muda yang selalu mencari pengalaman baru dalam menikmati makanan. Selain itu, Zizie juga memanfaatkan media sosial sebagai media promosi untuk Manisdingin. Foto-foto produk kerap diunggah di Instagram @manisdingin.id untuk menarik perhatian anak muda khususnya mahasiswa di Universitas Sumatera Utara, karena Manisdingin sendiri dapat ditemui di Gelanggang Mahasiswa (GEMA).

Selain cita rasa yang kuat, Zizie juga menyadari bahwa tampilan dan nama-nama unik produk dapat meningkatkan rasa penasaran anak muda. Salah satu contohnya adalah menu Manisdingin seperti soda gembira dan sanger, yang mampu menarik minat anak muda yang selalu ingin mencoba hal-hal baru. Pengalaman bisnis di usia muda memberi Zizie banyak pengalaman baru dan berharga, dari pengalaman itu Zizie menyadari pentingnya ketekunan, keberanian untuk mengambil risiko, serta kemampuan untuk terus belajar dan beradaptasi. Meskipun usahanya masih tergolong baru, Zizie sudah memiliki visi jangka panjang untuk terus mengembangkan UMKM-nya.

Meskipun tantangan dalam dunia bisnis terus bermunculan, Zizie optimis bahwa dengan kerja keras dan kreativitas, Manisdingin dapat terus berkembang dan memberikan pengalaman yang berkesan bagi banyak orang. Ketekunan dan kerja keras Zizie di usia yang terbilang muda mampu menginspirasi banyak orang untuk tetap semangat dan optimis dalam berbisnis.

Zizie dapat dijadikan teladan bagi generasi muda bahwa kesadaran anak muda dalam berbisnis harus dimulai sedini mungkin agar anak muda memiliki pondasi dan ilmu yang kuat dalam menghadapi dunia bisnis.

Penulis : Meishanda Tabina dan Dea Natalia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Pengurus Resmi Dikukuhkan di Solo, Ketua Umum PWI Pusat : Persatuan Adalah Kunci

4 Oktober 2025 - 16:52 WIB

Misi Reboot yang Berhasil: Superman dan Fantastic Four Versi Terbaik di Era Baru

31 Juli 2025 - 01:27 WIB

Sarjana Besi dari Padang. Jejak Dirut Inalum Melati Sarnita Menempa Hilirisasi Nasional

13 Juni 2025 - 11:59 WIB

First Look Film “Mortal Kombat 2” Ungkap Beberapa Karakter Baru!

19 Maret 2025 - 16:08 WIB

Oscars 2025: Siapa yang Menang, Siapa yang Seharusnya Menang?

10 Maret 2025 - 18:59 WIB

Trending di Artikel