Menu

Mode Gelap
Ciptakan Ruang Aman untuk Bercerita: “Let it Out Project” Bersama Psikolog  Promax Project Gelar Protein Campaign di Car Free Day Medan untuk Tingkatkan Kesadaran Protein Harian Masyarakat Pengurus Resmi Dikukuhkan di Solo, Ketua Umum PWI Pusat : Persatuan Adalah Kunci SEHACI Project Gelar Kampanye “Kids Grow Strong and Nation Grows Bright” di Kampung Nelayan Belawan, Dorong Kesehatan Anak Pesisir Sadar Waktu Gandeng Komunitas Seabolga dan Medan Book Party di Main Event ‘Sejenak Tanpa Layar’ Doa Yatim Iringi Tasyakuran: PWI Resmi Kembali ke Rumah Lama di Lantai 4 Dewan Pers

Daerah

Ribuan Ojol Medan Padati Kantor Gubsu, Protes Tarif Tak Masuk Akal

badge-check


					Ribuan Ojol Medan Padati Kantor Gubsu, Protes Tarif Tak Masuk Akal Perbesar

Desir.id – Medan | Ribuan driver ojek online (ojol) memadati Jalan Imam Bonjol, Kota Medan, pada Selasa (20/5/2025). Aksi unjuk rasa ini merupakan bentuk protes keras terhadap kebijakan aplikator yang dinilai merugikan mitra pengemudi.

Dalam orasinya, para pengemudi ojol menuntut Presiden RI dan Menteri Perhubungan untuk memberikan sanksi tegas kepada perusahaan aplikasi yang melanggar regulasi pemerintah, seperti Permenhub PM No.12 Tahun 2019 dan Kepmenhub KP No.1001 Tahun 2022.

Mereka juga mendesak Komisi V DPR RI menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) gabungan bersama Kementerian Perhubungan, asosiasi aplikator, serta perwakilan pengemudi. Tuntutan utama meliputi pemotongan aplikasi sebesar 0%, revisi tarif penumpang, serta penghapusan fitur seperti aceng, slot, hemat, dan prioritas yang dianggap merugikan.

Salah seorang pengemudi yang enggan disebutkan namanya mengungkapkan kekecewaannya terhadap program “Bike Hemat Prabayar”. Dalam skema tersebut, setiap driver yang berhasil menyelesaikan 7 order harus membayar Rp15.000.

“Dua bulan lalu, para ketua komunitas sudah kumpulkan kami untuk bahas ini. Kami jelas tidak setuju. Tapi programnya tetap dipaksakan oleh pihak Grab,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain sulitnya mendapatkan orderan, para driver juga dipaksa mendaftar fitur hemat. Jika tidak, layanan Grab Bike Hemat tidak akan muncul di aplikasi mereka. Hal ini tentu mengurangi peluang mereka untuk mendapatkan penghasilan.

Tak hanya itu, pendapatan para driver juga terus menurun. Sistem “slot” yang biasa memberikan penghasilan Rp7.200 per order kini hanya sekitar Rp6.200. Penurunan ini dirasakan sangat membebani, terlebih saat biaya operasional terus meningkat.

Para pengemudi juga menuntut penetapan tarif layanan makanan dan pengiriman barang secara adil. Mereka meminta agar regulasi ini melibatkan semua pihak, termasuk asosiasi pengemudi, regulator, aplikator, dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Sadar Waktu Gandeng Komunitas Seabolga dan Medan Book Party di Main Event ‘Sejenak Tanpa Layar’

2 Oktober 2025 - 19:50 WIB

Pengurus PWI Pusat Laporkan HPN 2026 ke KSP, Harapkan Kehadiran Presiden

25 September 2025 - 10:37 WIB

Perubahan Komposisi Pengurus DKP PWI Sumut Syahrir ke DK PWI Pusat, War Djamil Melanjutkan

24 September 2025 - 17:26 WIB

INALUM Sabet Penghargaan EPSA 2025 sebagai Wujud Komitmen pada Keberlanjutan Lingkungan

21 September 2025 - 16:10 WIB

INALUM Perkuat Komitmen Hijau dengan Integrasi Rantai Pasok dan Teknologi Ramah Lingkungan

21 September 2025 - 16:07 WIB

Trending di Daerah