Menu

Mode Gelap
Ciptakan Ruang Aman untuk Bercerita: “Let it Out Project” Bersama Psikolog  Promax Project Gelar Protein Campaign di Car Free Day Medan untuk Tingkatkan Kesadaran Protein Harian Masyarakat Pengurus Resmi Dikukuhkan di Solo, Ketua Umum PWI Pusat : Persatuan Adalah Kunci SEHACI Project Gelar Kampanye “Kids Grow Strong and Nation Grows Bright” di Kampung Nelayan Belawan, Dorong Kesehatan Anak Pesisir Sadar Waktu Gandeng Komunitas Seabolga dan Medan Book Party di Main Event ‘Sejenak Tanpa Layar’ Doa Yatim Iringi Tasyakuran: PWI Resmi Kembali ke Rumah Lama di Lantai 4 Dewan Pers

Daerah

Bapenda Batubara Dorong Peningkatan Pajak Lewat Strategi Komunikasi Publik yang Efektif

badge-check


					Bapenda Batubara Dorong Peningkatan Pajak Lewat Strategi Komunikasi Publik yang Efektif Perbesar

Desir.id — Batu Bara | Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) terus melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan penerimaan pajak daerah.

Plt. Kepala Bapenda Kabupaten Batu Bara, Dr. Mei Linda Lubis, menegaskan bahwa salah satu strategi utama yang harus diperkuat adalah komunikasi publik yang efektif, transparan, dan mudah dipahami, guna membangun kepercayaan masyarakat terhadap sistem perpajakan daerah.

Dalam keterangannya terkait evaluasi penerimaan pajak daerah yang berlangsung pada, Kamis (22/5/2025),

Dr. Mei Linda Lubis menyoroti bahwa tantangan dalam pengelolaan pajak tidak hanya bersifat teknis atau administratif, tetapi juga mencakup aspek psikologis dan sosiologis, khususnya persepsi masyarakat terhadap lembaga pengelola pajak.

“Tingkat kepercayaan publik, terutama di kalangan generasi muda, masih menjadi tantangan yang perlu dijawab secara serius dan strategis.

Oleh karena itu, kami berkomitmen membangun narasi baru perpajakan yang komunikatif dan transparan,” ujar Dr. Mei Linda.

Ia menyampaikan bahwa masyarakat akan lebih terdorong untuk patuh membayar pajak jika mereka benar-benar memahami manfaat nyata dari kontribusi tersebut.

Untuk itu, Bapenda Batu Bara merancang strategi komunikasi publik yang inovatif melalui media digital seperti infografis, video pendek, serta kampanye visual di platform media sosial.

Salah satu pendekatan kreatif yang diusulkan adalah melalui penggunaan slogan edukatif,“Setiap Rp10.000 yang Anda bayarkan sebagai pajak, inilah pelayanan publik yang bisa dibangun.”

Melalui pendekatan ini, diharapkan masyarakat tidak hanya memahami pentingnya pajak secara konseptual, tetapi juga melihat hubungan langsung antara kewajiban pajak dan pembangunan fasilitas serta layanan publik di Kabupaten Batu Bara.

“Kami ingin memastikan bahwa setiap rupiah pajak yang dibayarkan oleh masyarakat akan dikelola secara transparan, akuntabel, dan berdampak nyata. Kami juga membuka ruang partisipasi publik dalam pengawasan dan pelaporan pemanfaatan pajak,” tambah Mei Linda.

Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten Batu Bara untuk membangun sistem perpajakan yang modern, berkeadilan, dan berbasis partisipasi masyarakat.

Diharapkan melalui pendekatan ini, tingkat kepatuhan pajak meningkat, dan pendapatan asli daerah (PAD) dapat diperkuat untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, serta pelayanan publik lainnya di Kabupaten Batu Bara.” tutupnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Sadar Waktu Gandeng Komunitas Seabolga dan Medan Book Party di Main Event ‘Sejenak Tanpa Layar’

2 Oktober 2025 - 19:50 WIB

Pengurus PWI Pusat Laporkan HPN 2026 ke KSP, Harapkan Kehadiran Presiden

25 September 2025 - 10:37 WIB

Perubahan Komposisi Pengurus DKP PWI Sumut Syahrir ke DK PWI Pusat, War Djamil Melanjutkan

24 September 2025 - 17:26 WIB

INALUM Sabet Penghargaan EPSA 2025 sebagai Wujud Komitmen pada Keberlanjutan Lingkungan

21 September 2025 - 16:10 WIB

INALUM Perkuat Komitmen Hijau dengan Integrasi Rantai Pasok dan Teknologi Ramah Lingkungan

21 September 2025 - 16:07 WIB

Trending di Daerah