Menu

Mode Gelap
SMSI Kecam Aksi Kekerasan di SPBU: Wartawan Tidak Boleh Diintimidasi Wakil Ketua PWI Batubara Alami Intimidasi saat Meliput Antrean BBM di SPBU Soal Dugaan Tangkap Lepas Bento dan Kinerja Polres Batu Bara, Formasib Angkat Bicara INALUM Percepat Pemulihan Korban Bencana Lewat Penyaluran Bantuan Kemanusiaan di Sumatera Utara Inalum Selenggarakan Pengobatan Gratis dan Distribusi Sembako di Desa Lalang Novo TOGA: Upaya Nyata Hadirkan Apotek Hidup di Lingkungan Keluarga

Daerah

Bapenda Batubara Dorong Peningkatan Pajak Lewat Strategi Komunikasi Publik yang Efektif

badge-check


					Bapenda Batubara Dorong Peningkatan Pajak Lewat Strategi Komunikasi Publik yang Efektif Perbesar

Desir.id — Batu Bara | Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) terus melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan penerimaan pajak daerah.

Plt. Kepala Bapenda Kabupaten Batu Bara, Dr. Mei Linda Lubis, menegaskan bahwa salah satu strategi utama yang harus diperkuat adalah komunikasi publik yang efektif, transparan, dan mudah dipahami, guna membangun kepercayaan masyarakat terhadap sistem perpajakan daerah.

Dalam keterangannya terkait evaluasi penerimaan pajak daerah yang berlangsung pada, Kamis (22/5/2025),

Dr. Mei Linda Lubis menyoroti bahwa tantangan dalam pengelolaan pajak tidak hanya bersifat teknis atau administratif, tetapi juga mencakup aspek psikologis dan sosiologis, khususnya persepsi masyarakat terhadap lembaga pengelola pajak.

“Tingkat kepercayaan publik, terutama di kalangan generasi muda, masih menjadi tantangan yang perlu dijawab secara serius dan strategis.

Oleh karena itu, kami berkomitmen membangun narasi baru perpajakan yang komunikatif dan transparan,” ujar Dr. Mei Linda.

Ia menyampaikan bahwa masyarakat akan lebih terdorong untuk patuh membayar pajak jika mereka benar-benar memahami manfaat nyata dari kontribusi tersebut.

Untuk itu, Bapenda Batu Bara merancang strategi komunikasi publik yang inovatif melalui media digital seperti infografis, video pendek, serta kampanye visual di platform media sosial.

Salah satu pendekatan kreatif yang diusulkan adalah melalui penggunaan slogan edukatif,“Setiap Rp10.000 yang Anda bayarkan sebagai pajak, inilah pelayanan publik yang bisa dibangun.”

Melalui pendekatan ini, diharapkan masyarakat tidak hanya memahami pentingnya pajak secara konseptual, tetapi juga melihat hubungan langsung antara kewajiban pajak dan pembangunan fasilitas serta layanan publik di Kabupaten Batu Bara.

“Kami ingin memastikan bahwa setiap rupiah pajak yang dibayarkan oleh masyarakat akan dikelola secara transparan, akuntabel, dan berdampak nyata. Kami juga membuka ruang partisipasi publik dalam pengawasan dan pelaporan pemanfaatan pajak,” tambah Mei Linda.

Langkah ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten Batu Bara untuk membangun sistem perpajakan yang modern, berkeadilan, dan berbasis partisipasi masyarakat.

Diharapkan melalui pendekatan ini, tingkat kepatuhan pajak meningkat, dan pendapatan asli daerah (PAD) dapat diperkuat untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan, serta pelayanan publik lainnya di Kabupaten Batu Bara.” tutupnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

SMSI Kecam Aksi Kekerasan di SPBU: Wartawan Tidak Boleh Diintimidasi

5 Desember 2025 - 15:16 WIB

Soal Dugaan Tangkap Lepas Bento dan Kinerja Polres Batu Bara, Formasib Angkat Bicara

4 Desember 2025 - 15:44 WIB

Bank Sumut Salurkan Bantuan Sembako untuk Masyarakat Terdampak Banjir di Batu Bara

1 Desember 2025 - 07:26 WIB

Polsek Lima Puluh Gencarkan Patroli Mobile Cegah Tawuran dan Geng Motor di Batu Bara

30 November 2025 - 23:11 WIB

Polsek Lima Puluh Awasi Pembangunan Beronjong Pasca Longsor yang Telan Satu Rumah Warga

29 November 2025 - 12:58 WIB

Trending di Daerah