Menu

Mode Gelap
Ciptakan Ruang Aman untuk Bercerita: “Let it Out Project” Bersama Psikolog  Promax Project Gelar Protein Campaign di Car Free Day Medan untuk Tingkatkan Kesadaran Protein Harian Masyarakat Pengurus Resmi Dikukuhkan di Solo, Ketua Umum PWI Pusat : Persatuan Adalah Kunci SEHACI Project Gelar Kampanye “Kids Grow Strong and Nation Grows Bright” di Kampung Nelayan Belawan, Dorong Kesehatan Anak Pesisir Sadar Waktu Gandeng Komunitas Seabolga dan Medan Book Party di Main Event ‘Sejenak Tanpa Layar’ Doa Yatim Iringi Tasyakuran: PWI Resmi Kembali ke Rumah Lama di Lantai 4 Dewan Pers

Daerah

INALUM Tingkatkan Kapasitas Komunitas lewat Pelatihan Literasi Keuangan dan Pelayanan Prima

badge-check


					INALUM Tingkatkan Kapasitas Komunitas lewat Pelatihan Literasi Keuangan dan Pelayanan Prima Perbesar

Desir.id – Batu Bara | PT Indonesia Asahan Aluminium (INALUM) kembali menguatkan peran sosialnya dengan menggelar pelatihan peningkatan kapasitas komunitas. Kegiatan bertema “Membangun Profesionalisme Usaha Melalui Keuangan yang Sehat dan Pelayanan yang Prima” ini fokus pada literasi keuangan dan pelayanan prima untuk pengurus Bank Sampah Berseri dan Pokdarwis Wisata Kuta View di Desa Kuala Tanjung. (07/08/2025)

Pelatihan yang berlangsung di Aula Kuta View ini merupakan bagian dari program terintegrasi “Hikayat Si Kuta” yang bertujuan memperkuat ekonomi lokal sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDG 8 tentang pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi. 

INALUM memberikan core competencies bagi para peserta agar dapat mengelola usaha secara profesional dan berkelanjutan.

Kepala Desa Kuala Tanjung, Bapak Ibnul Fandika, menekankan pentingnya pelatihan ini. “Kami berharap pengurus Bank Sampah Berseri dan Wisata Kuta View mampu mengelola keuangan secara rapi dan transparan serta memberikan pelayanan terbaik. Memulai usaha memang sulit, tapi mempertahankan usaha jauh lebih menantang,” ujarnya.

Pelatihan ini berlangsung interaktif dengan metode simulasi, studi kasus, dan role playing. Pendekatan ini memastikan peserta tidak hanya memahami teori, tetapi juga siap mengaplikasikan ilmu keuangan dan pelayanan prima dalam operasional sehari-hari.

Manager Treasury PT INALUM, Ibu Widi, menjelaskan, “Mencatat keuangan bukan soal pintar, melainkan rajin mencatat arus masuk dan keluar agar keuangan terkontrol dengan baik.” Sementara itu, Bapak Goklas dari I.C Community Development INALUM menambahkan, “Tiga kata ajaib ‘Tolong’, ‘Maaf’, dan ‘Terima Kasih’ sangat penting dalam membangun pelayanan prima.”

Peserta pelatihan menyambut antusias. 

Bapak Untung dari Bank Sampah Berseri mengaku mendapat wawasan baru yang sangat membantu. “Pelatihan ini membuat kami lebih paham cara mengelola keuangan dan pelayanan yang selama ini dianggap sepele, padahal berdampak besar pada kepercayaan dan kenyamanan pelanggan,” ujarnya.

INALUM melalui pelatihan ini berkomitmen menguatkan kapasitas teknis sekaligus mendorong terciptanya sistem kerja yang layak dan pertumbuhan ekonomi berbasis komunitas. Langkah ini sejalan dengan visi mendukung SDGs 8, mendorong pekerjaan produktif, inklusif, dan berkelanjutan di desa binaan. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Sadar Waktu Gandeng Komunitas Seabolga dan Medan Book Party di Main Event ‘Sejenak Tanpa Layar’

2 Oktober 2025 - 19:50 WIB

Pengurus PWI Pusat Laporkan HPN 2026 ke KSP, Harapkan Kehadiran Presiden

25 September 2025 - 10:37 WIB

Perubahan Komposisi Pengurus DKP PWI Sumut Syahrir ke DK PWI Pusat, War Djamil Melanjutkan

24 September 2025 - 17:26 WIB

INALUM Sabet Penghargaan EPSA 2025 sebagai Wujud Komitmen pada Keberlanjutan Lingkungan

21 September 2025 - 16:10 WIB

INALUM Perkuat Komitmen Hijau dengan Integrasi Rantai Pasok dan Teknologi Ramah Lingkungan

21 September 2025 - 16:07 WIB

Trending di Daerah